12 Langkah Mudah Membuat Wayang Kristal

Sedulur Bank Sampah, di tangan orang kreatif, botol plastik bisa menjadi beragam produk bernilai yang cantik. Sudah banyak yang membuat dan mencontohkan produk upcycle dari botol plastik. Ada yang dibuat bunga, tempat pensil, vas bunga, kap lampu dan lain-lain.

BACA JUGA : 5 Langkah Membuat Pot dari Gombal

Kali ini, kami akan berikan cara memanfaatkan botol plastik bekas menjadi wayang. Produk upcycle wayang dari botol plastik ini bisa dimanfaatkan sebagai wayang beneran, bisa pula dipakai untuk hiasan dinding, suvenir, dan sebagainya.

Tulisan berjudul Mahasiswa Yunani Bikin Wayang Kristal Keren Sekali mendapat respons yang sangat baik. Banyak yang menginginkan tutorial atau tatacara membuat wayang dari botol plastik ini. Termasuk menanyakan mengapa disebut wayang kristal.

BACA JUGA : Pesan Penting untuk Bank Sampah

Wayang dari botol plastik ini, ketika sudah jadi, mirip dengan wayang dari bahan kristal. Oleh karena itulah, wayang botol plastik ini dikenal dengan sebutan Wayang Kristal. Mau tahu cara membuatnya?

Baikah, berikut alat dan bahan yang mesti disediakan serta cara membuatnya. Semoga membantu Sedulur Bank Sampah semua untuk berkreasi membuat wayang kristal di rumah.

Alat dan Bahan
  1. Botol plastik bekas ukuran 1.500 ml
  2. Gunting
  3. Solder
  4. Cutter
  5. Cotton buds
  6. Sarung tangan
  7. Korek api
  8. Setrika
  9. Pola gambar
  10. Tripleks
  11. Staples

Langkah-langkah pembuatan Wayang dari Botol Plastik Bekas.

Membuat wayang kristal dilakukan dengan beberapa langkah. Yakni membuat tubuh wayangnya terlebih dulu, baru membuat tangannya secara terpisah. Tangan wayang ini kemudian baru disambung dengan menggunakan cotton buds di persendiannya. Sehingga tangan wayang kristal bisa digerakkan dengan baik.

BACA JUGA : 6 Hal yang Bikin Warga Jepang Rela Pilah Sampah

Membuat Tubuh Wayang Kristal

  1. Siapkan dua buah botol plastik air mineral ukuran 1.500 ml. Potong bagian atas dan bawah botol. Maka didapat botol plastik sepanjang 20 cm, tanpa tutup.

    Potong bagian atasnya

    Potong juga bagian bawahnya.

  2. Gunting botol tersebut sehingga menjadi lembaran. Bolak-balik agar tidak kembali menggulung.

    Belah botol plastiknya.

  3. Ratakan lembaran botol plastik dengan setrika. Tekan seperlunya agar menjadi lembaran yang rata. Maka kita dapatkan bahan lembaran plastik dengan ukuran kira-kira 20×20 cm.

    Setrika plastik menjadi lembaran.

  4. Ambil pola gambar wayang yang Anda inginkan. Pasang di atas tripleks. Lalu, terapkan satu lembaran plastik di atas pola gambar. Gunakan staples agar posisi plastik tidak bergeser. Satu lembar ini mungkin belum menutupi seluruh pola gambar. Tidak apa-apa. Gambar yang belum tertutup plastik, nanti disusulkan lembaran plastik kedua.

    Pola wayang Semar.

  5. Nah, satu lembar plastik sudah distaples di atas pola gambar itu dibuat dulu. Ambil solder dan lubangi lembaran plastik sesuai pola gambar. Mungkin ada yang dibuat garis panjang, mungkin ada yang hanya dibuat titik kecil. Atau mungkin dibuat garis melingkar. Atau pola garis putus-putus. Gunakan kreasi Anda untuk menghasilkan karya terbaik.

    Staples pola di atas tripleks.

    Staples plastik di atas pola.

    Mulai membuat pola dengan solder. Sesuaikan dengan gambar.

  6. Upayakan lembaran plastik pertama ini selesai. Kemudian lanjutkan membuat pola gambar yang tidak tertutup plastik pertama. Cari tempat sambungan menurut pola gambar sehingga sambungan plastiknya bisa tersamarkan. Potong potong lembaran plastik pertama sesuai pola tersebut.

    Plastik kedua, sambungkan menurut pola sehingga sambungan tersamar.

  7. Sambungkan lembaran plastik kedua di atas pola gambar. Solder bagian sambungan untuk menyatukan lembar plastik kedua dengan yang pertama. Lalu, teruskan menyelesaikan pola gambar seperti pada lembaran plastik yang pertama. Selesai.

    Wayang kristal pun jadi.

Membuat Tangan Wayang Kristal

  1. Potong lembaran plastik sesuai pola tangan wayang kristal.

    Buat potongan pola tangan.

  1. Tempelkan di atas pola yang harus disambung. Lubangi dengan solder. Upayakan menyatu tapi tidak lengket.

  1. Masukkan plastik stik cotton buds ke dalam lubang tersebut untuk membuat persendian.
  1. Potong tangkai cotton buds Panasi ujung cotton buds tersebut dengan api dari korek api. Tekan dengan logam yang ada di ujung korek api hingga mepet dengan lembaran plastiknya.
  1. Pola tangan pun menyatu dengan pola tubuh wayang. Maka jadilah satu wayang kristal dari dua buah botol plastik bekas ukuran 1.500 ml.

Selamat berkreasi! Video Membuat Wayang Kristal Klik Di SINI.

Share

One Ping

  1. Pingback: Mengolah Sampah Organik dengan Ember Tumpuk – Bank Sampah Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *