Anggota JPSM Sleman Diajak Bikin Eco Enzyme. Begini Caranya

Para pegiat sampah di Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Sehati, Sleman sungguh beruntung. Di masa pandemi ini, mereka mendapatkan ilmu tanpa harus keluar rumah. Ilmu yang bisa dipraktikkan langsung, juga tanpa keluar rumah. Salah satu ilmu yang diberikan kepada anggota JPSM itu adalah cara membuat Eco Enzyme (EE).

Diana Ross Arief MA

Pengetahuan cara membuat EE serta manfaatnya ini diberikan oleh Diana Ross Arief, MA. Dosen di Politeknik ATK Yogyakarta ini menyampaikan materinya dalam webinar lewat aplikasi Zoom. Penyampaikan materi ini merupakan bagian dari rangkaian pelatihan Pengolahan Sampah Plastik. Pelatihan untuk komunitas JPSM ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik, Politeknik ATK dan Kementerian Perindustrian.

Diana mengawali paparannya dengan menerangkan apa yang dimaksud dengan Eco-Enzyme. Dijelaskannya, Eco-enzyme adalah cairan hasil fermentasi antara limbah dapur, seperti kulit buah atau sayur-sayuran dengan air dan gula/ molase.

Mengapa harus membuat Eco-enzyme? Menurut Diana, pembuatan EE dilakukan untuk membantu mengurangi sampah organik yang dikirim ke TPA. “Sebanyak 82 – 95% sampah yang terbuang pada TPA adalah sampah organik yang dihasilkan oleh limbah rumah tangga. Dengan membuat Eco-enzyme ini kita ikut mengurangi sampah organik yang dibuang ke TPA, “ jelas Diana.

Alasan lain mengapa pengolahan EE perlu dilakukan adalah karena EE adalah alternatif alami dari penggunaan bahan kimia sintetis berbahaya di rumah rumah tangga. Dengan membuat EE maka potensi penggunaan bahan kimia sintetis bisa dikurangi. Bahkan dalam jumlah yang signifikan. Ini karena, EE bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang selama ini menggunakan bahan kimia sintetis.

Diana Ross lantas menyebutkan manfaat Eco-Enzyme dalam rumah tangga. Disebutkannya, EE dapat digunakan sebagai karbol dan pembersih. Lalu bisa digunakan sebagai sabun cair. Bisa juga dipakai sebagai penjernih udara dan pembersih rumah tangga. “Bahkan, eco enzyme bisa dipakai sebagai hand sanitizer yang sekarang banyak dibutuhkan. Eco Enzyme bisa pula sebagai pupuk dan pestisida organic,“ tandas Diana Ross.

Perempuan berjilbab ini lantas menerangkan komposisi bahan dan urutan cara pembuatan EE. Untuk memudahkan, berikut alat dan bahan yang mesti disediakan dalam pembuatan EE.

Alat dan Bahan

  1. Air gula merah/gula aren. Jangan gunakan air gula pasir.
  2. Sisa kulit buah/sayuran
  3. Air
  4. Wadah, ember atau tong. Gunakan wadah bermulut lebar untuk menghindari ledakan dari gas yang dihasilkan.

 

Cara pembuatan

  1. Masukkan air ke dalam wadah yang mempunyai tutup yang rapat. Volume air max 60%.
  2. Potong kecil gula, masukkan ke dalam wadah, lalu aduk/ kocok sebentar.
  3. Masukkan potongan sampah organik ke dalam wadah, lalu tutup rapat-rapat.
  4. Diamkan selama 3 bulan agar proses fermentasi sempurna dan menghasilkan Eco-Enzyme. Dalam 1 bulan pertama buka tutup botol setiap hari untuk mengeluarkan gas.

Perbandingan air : gula : sampah organik adalah 10 : 1 : 3. Artinya, untuk air 10 kg, diperlukan air gula merah seberat 1 kg dan sampah kulit buah/sayuran sebanyak 3 kg.

Para peserta pelatihan juga mendapatkan tips untuk mendapatkan hasil EE yang lebih baik. Beberapa tips tersebut adalah

  1. Gunakan wadah bermulut lebar agar menghindari ledakan dari gas yang dihasilkan.
  2. Banyaknya jenis buah yang digunakan akan semakin memperbaiki kualitas Eco-Enzyme yg dihasilkan.
  3. Sebaiknya air yang digunakan diendapkan selama 24 jam.
  4. Hindari lokasi penyimpanan yang terpapar sinar matahari langsung.
  5. pH yang memenuhi persyaratan adalah dibawah 4.0

 

Selain itu, juga dipaparkan manfaat EE serta cara membuat campuran larutannya.

Berikut Takaran Pemakaian Eco-enzym

  1. Karbol dan pembersih = Murni
  2. Sabun cair E.E + Sabun cair + Air = 1:1:5
  3. Penjernih udara E.E + Air = 1:1000
  4. Pembersih rumah tangga E.E + Sabun cair + Air = 1:1:5
  5. Hand sanitizer E.E + Air = 1:400
  6. Pupuk dan pestisida organic E.E + Air = 1:1000

Selamat mencoba! Salam 3R!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *