Yuk Belajar Bertani Alami di Pasar Barter Nusantara

Pertanian alami semakin dipinggirkan dari alam kebudayaan cocok tanam petani Indonesia sejak Revolusi Hijau digalakkan di Rezim Suharto. Padahal, petani yang mempraktikkan pertanian alami (natural farming) di beberapa daerah, terbukti cenderung lebih lentur dalam menghadapi krisis yang melanda dunia.

Contohnya, ketika pupuk pabrikan hilang dari peredaran, petani alami dapat membuat sendiri input-input pertanian yang mereka butuhkan dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitarnya. Tak mengherankan, jika ada petani padi yang menerapkan sistem pertanian alami tidak membutuhkan biaya besar untuk menjalankan usaha taninya.

Pengunaan pupuk organik jauh lebih murah ketimbag bahan-bahan kimia untuk pertanian. Di sejumlah daerah, petani yang menggunakan pertanian alami, untuk satu hektare sawah hanya menghabiskan tidak lebih dari Rp 80 ribu. Tapi, ketika menggunakan bahan-bahan kima bisa menghabiskan Rp 1,5 juta lebih.

Melalui sistem pertanian yang bersahabat dengan alam, ramah terhadap diri, keluarga, dan masyarakat, para petani dapat mengatasi krisis yang mereka hadapi dalam usaha tani. Anda yang bukan petani pun, namun ingin mencoba bertani dengan cara yang mudah dan aman, dapat mulai mempelajari pertanian alami dari sekarang.

Jika Anda tertarik, bisa gabung diskusi ‘Pengalaman, Tantangan, dan Cita-cita Bertani Alami Teknologi Leluhur’ bersama Adhi Surya. Silakan ikuti dengan protokol kesehatan.

Acara ini berlangsung Sabtu (1 Mei 2021) pukul 15.00 – 18.00. Selain diskusi akan diisi dengan pertunjukan musik Sunda Wiwitan ‘Tarawangsa’ bersama Fri dan Ibe. Lokasi Pasar Barter : Pendopo Kopi Sawah Kajigelem, Bangunjiwo, Bantul, Yogyakarta. Peta menuju lokasi KLIK DI SINI.

Pasar Barter Nusantara diadakan oleh jaringan seniman, aktivis, pekerja sosial, petani, pengolah limbah yang merasa perlu mengembangkan pembangunan pertanian alami metode bio dinamik dan sistem ekonomi sirkular. Melihat tanah pertanian dan tanaman ketergantungan dengan bahan kimia tidak ramah lingkungan, juga sistem distribusi maupun pengolahan limbah sangat memprihatinkan. Perlu dukungan pertanian alami dan pengolahan limbah dengan pasar barter.

Para peserta, pekerja pertanian dan pengolah limbah bisa bertukar barang yang dibutuhkan. Bahan-bahan pertanian, utamanya organik/alami, media tanam, pupuk/pestisida alami, peralatan kerja, benih/bibit siap tanam, hasil pertanian, dan buku pertanian. Juga produk-produk setengah jadi dan siap pakai dari beragam hasil re/up-cycle limbah.

Barang untuk bertukar juga boleh barang kebutuhan sehari-hari untuk mendukung kerja pertanian dan pengolahan limbah juga. Bagi pengunjung yang tidak mempunyai bahan untuk bertukar, bisa menggunakan uang kontan. Pasar Barter Nusantara juga menyelenggarakan Pasar Barter Online. Ikut Pasar Barter Online? KLIK DI SINI.

Selama Pasar Barter berlangsung ada pembagian benih/bibit pangan gratis. Contact Person & Registrasi Klik di Sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *