Paguyuban Bank Sampah DIY Pameran di Rakernas KemenLHK

Kepercayaan itu datang mendadak. Paguyuban Bank Sampah DIY diberi kesempatan untuk tampil mengelar produk pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Bersama dengan kelompok lain, disediakan stan di depan ruang tempat Rakernas digelar. Rakernas bertempat di Sahid Raya Hotel & Convention, Yogya, Kamis-Jumat (27-28/2).

Panitia hanya menyediakan tempat. Tidak ada akomodasi maupun insentif lain. Begitu sejak awal pihak panitia menegaskan. Tidak masalah. Bagi Paguyuban, diminta untuk mengisi stan pada acara nasional KLHK sudah merupakan rezeki yang harus disyukuri. Amanah itu mesti ditunaikan.

Alhamdulillah, Bu Menteri Siti Nurbaya berkenan untuk singgah ke stan Paguyuban Bank Sampah DIY dan membubuhkan pesan dan kesan.

Menggelar produk di ajang pameran merupakan salah satu momen untuk menunjukkan kiprah Paguyuban. Sekaligus sebagai bentuk menampung dan memasarkan produk-produk karya anggota Paguyuban. Karena itu, begitu mendapat kepastian stan, Paguyuban pun melakukan konsolidasi dan koordinasi.

Anggota Paguyuban yang siap dan memiliki produk, diminta untuk mengirimkan produknya ke Sekretariat. Pengurus Paguyuban yang telah terbiasa mengkoordinasi pameran tak kalah cekatan. Semua barang masuk didata, diberi label dan disiapkan narasi atau storytelling-nya. Cerita mengenai produk tersebut mengapa dibuat dan dari bahan apa disiapkan pula.

Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar memberikan pesan dan kesan di stan Paguyuban saat Rakernas KLHK di Hotel Sahid Yogya.

Pameran sekaligus untuk sosialisasi berbagai metode pengelolaan sampah yang selama ini dilakukan oleh Bank Sampah di DIY. Stan kecil yang disediakan pun, kami manfaatkan seoptimal mungkin. Berbagai produk pengelolaan sampah organik maupun anorganik kami tampilkan.

Kreativitas kami perlihatkan. Dengan tujuan untuk menginspirasi para hadirin peserta Rakernas yang datang dari seluruh Indonesia. Ada sekitar 1.000 peserta dari lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pusat dan daerah. Termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan semua provinsi. Siapa tahu langkah-langkah kami bisa diadopsi di daerah lain.

Anggota DPR RI Esti Wijayati (tengah) saat mengunjungi stan Paguyuban Bank Sampah DIY.

Apalagi Rakernas dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Ikut mangayubagya perhelatan besar itu sekaligus memberi laporan bahwa bank sampah di DIY terus berkontribusi dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

Alhamdulillah, Bu Menteri Siti Nurbaya berkenan untuk singgah ke stan Paguyuban Bank Sampah DIY dan membubuhkan pesan dan kesan. Bu Menteri juga berkenan menerima lukisan ampas kopi yang dibuat untuk merespons timbulan sampah dari gerai kopi Abednego di samping stan Paguyuban. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *