Bank Indonesia Sosialisasi QRIS ke Anggota Paguyuban

Bank Indonesia (BI) gencar melakukan sosialisasi terkait standar nasional Kode QR (Quick Response Code Indonesia Standard/QRIS) ke daerah-daerah. Sosialisasi ke daerah dinilai akan meningkatkan penetrasi terhadap fasilitas pembayaran elektronik tersebut. Transaksi nontunai dengan scan barcode akan menjadi tren di masa mendatang.

Perwakilan Bank Indonesia DIY pun melakukan hal yang sama. Mereka terus melakukan sosialisasi QRIS kepada berbagai pihak. Salah satu yang menjadi sasaran adalah Paguyuban Bank Sampah DIY. Sebanyak 70-an anggota Paguyuban memperoleh penjelasan mengenai QRIS tersebut di Aula Utama Gedung Perwakilan Bank Indonesia DIY.

QRIS bersemboyan UNGGUL. Unggul berarti (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM.

QR Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan QR Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking. QRIS bersemboyan UNGGUL.

Unggul berarti (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung), bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, untuk Indonesia Maju.

QRIS UNGGUL mengandung makna, yaitu Pertama, UNiversal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri. Kedua, Gampang, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Ketiga, UntunG, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual melalui transaksi satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Keempat, Langsung, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Untuk sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi memberi kemudahan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen dan antar negara.

Dalam sosialisasi diperagakan uji coba penggunaan QRIS.  Penerapan QR Code Payment model Merchant Presented Mode (MPM) dimana penjual (merchant) yang menampilkan QR Code pembayaran untuk dipindai oleh pembeli (customer) ketika melakukan transaksi pembayaran. (*)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *