Siap Pendampingan dan Pelatihan 3R

SAMPAH telah menjadi persoalan sosial. Upaya untuk mengurangi timbulan sampah harus dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif. Dan dilakukan oleh semua pihak. 

Upaya pengurangan dan penanganan sampah harus dilakukan secara benar dan berwawasan lingkungan. Metode pengurangan sampah yang populer adalah 3R, reduce, reuse, recycle. Ketiganya harus dilakukan dengan satu tujuan mengurangi timbulan sampah di hulu (rumah tangga) sampai ke hilir (TPA).

Upaya pengurangan dan penanganan sampah harus dilakukan secara benar dan berwawasan lingkungan.

Pengurangan sampah akan lebih efektif jika dilakukan secara bersama-sama dalam satu komunitas. Pengurangan secara individu tidak akan menampakkan hasil yang signifikan. Pengurangan secara kolektif, bersama-sama, bisa dilakukan mulai dari tingkat dasa wisma, RT, RW maupun desa.

Paguyuban Bank Sampah DIY sangat concern dengan pengurangan dan penanganan sampah ini. Sebagaimana yang telah berjalan selama ini, Paguyuban dengan senang hati membantu berbagai pihak untuk melakukan sosialisasi, pendampingan komunitas, pembentukan komunitas pengelola sampah, maupun pelatihan daur ulang.

Paguyuban Bank Sampah saat sharing pengelolaan sampah di depan Serikat Karyawan Telkom Divisi Regional DIY Jateng.

Di samping terus memperkuat dan meningkatkan kemampuan anggota dalam pengelolaan sampah, Paguyuban juga berbagi ke berbagai komunitas. Mulai dari ibu-ibu PKK, kelompok pengajian, sekolah-sekolah, pondok pesantren, karyawan swasta, BUMN maupun instansi pemerintah. 

Paguyuban mendampingi SMKN 1 Bantul dalam pengelolaan sampah sekolah menuju Sekolah Adiwiyata Nasional.

Yang berminat untuk pelatihan atau pendampingan silakan menghubungi Paguyuban Bank Sampah DIY melalui Sekretaris di nomor WA 0818 262 111. (*)

Share

One Ping

  1. Pingback: 5 Langkah Mudah Bikin Pot dari Handuk Bekas atau Gombal – Bank Sampah Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *