Kelola Sampah Organikmu dengan Losida

Setiap orang adalah produsen sampah. Sampah organik maupun anorganik. Begitu pula setiap rumah tangga. Juga produsen sampah.

Rata-rata sampah yang diproduksi setiap orang dalam sehari sebanyak 0,67 kg. Kalau dalam satu rumah ada lima anggota keluarga, bisa dihitung berapa jumlah sampah yang dihasilkan.

Prosentase terbesar sampah yang diproduksi rumah tangga berupa sampah organik. Lebih dari 50 persen. Sampah organik yang tidak terkelola dengan baik, menimbulkan masalah serius. Apalagi jika sampah organik tersebut tercampur dengan sampah anorganik di TPA.

Ayo kelola sampah organik rumah tangga agar tidak memenuhi TPA. Kita kelola dengan Losida. Lodong Sisa Dapur.

Sampah yang tercampur didaur ulang. Dibutuhkan banyak  beaya dan waktu untuk mendaur ulang sampah campur. Oleh karena itu, langkah yang tepat adalah memilah sampah rumah tangga. Terus kita lakukan gerakan #pilahsampahdarirumah

Sampah organik yang sudah dipilah, bisa dikelola dengan teknologi yang sangat sederhana dan mudah. Yakni dengan Losida. Atau Lodong Sisa Dapur.

Losida ini berupa paralon yang sebagian bawahnya ditanam di dalam tanah. Bagian paralon yang lain, muncul di permukaan. Losida ini untuk menampung sampah dapur yang setiap hari ada di setiap rumah tangga. Bisa berupa sisa makanan, sayuran, ataupun dedaunan kering di halaman.

Losida yang ditanam di dalam Tabulampot.

Pembuatan dan pemakaian Losida sangat mudah. Bisa dimanfaatkan untuk perorangan atau satu rumah tangga, tapi juga bisa dipakai untuk kelompok. Semisal satu dasa wisma atau beberapa rumah.

Bahkan Losida juga bisa dimanfaatkan atau dikelola bersama di kebun kelompok atau taman yang ada di lingkungan pemukiman. Masing-masing Losida bisa dicat sesuai warna kelompok sehingga menjadi warna-warni yang indah.

Losida bisa dikelola secara berkelompok di kebun bersama.

Kalau Anda ingin bersama-sama mengelola sampah dapur dengan Losida, Paguyuban Bank Sampah DIY siap mendampingi. Bahkan, Paguyuban juga menerima pesanan membuat Losida. Seperti yang dilakukan Kelurahan Purwokinanti, Kota Yogya yang memesan 45 buah Losida ke Paguyuban.

Silakan hubungi kami. Kami siap membantu. Atau Anda mau membuat sendiri, gambarnya seperti di bawah ini. (*)

Share