5 Langkah Mudah Bikin Pot dari Handuk Bekas atau Gombal

Tulisan Kami Terima Gombal Anda mendapat respons luar biasa dari Sedulur Bank Sampah. Baik melalui Facebook maupun WA group. Selain ingin belajar langsung ke lokasi, banyak yang menanyakan cara membuatnya.

Menanggapi permintaan tersebut, banksampahjogja.com menuliskan lima langkah mudah membuat pot dari kain bekas yang menumpuk di rumah.

Silakan simak cara membuat pot bunga sederhana dari handuk bekas atau gombal ini. Membuat pot bunga sendiri dapat menimbulkan kepuasan yang sangat dalam. Pot tanaman pada umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan bahan. Nah, Sedulur Bank Sampah tentu ingin mempunyai pot yang berbeda dari biasanya?

—————————————————

Saat Pandemi, apa yang harus dilakukan pegiat sampah dan pengelola Bank Sampah? Klik di sini.

__________________________________

Tenang! Sedulur Bank Sampah bisa membuatnya dari handuk bekas atau gombal yang ada di rumah. Jadi, punya handuk bekas atau gombal, jangan dibuang ya. Apalagi dibakar!

Handuk bekas dan gombal itu dapat dijadikan pot sederhana yang cantik untuk hunian Sedulur Bank Sampah. Apalagi sara membuat pot sederhana ini tidaklah sulit.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak cara pembuatannya di bawah ini.

Alat dan Bahan Membuat Pot dari Handuk Bekas

Bahan-bahan yang Diperlukan:

1.Semen putih/semen biasa

2. Sarung tangan karet,

3. Air

4. Pengaduk semen

5. Handuk bekas/gombal

6. Wadah adonan semen

7. Pot / ember cetakan

8. Pasir kasar

9. Kuas

10. Cat akrilik

____________________________________

DI SINI: Pegiat Bank Sampah, seniman dan pengusaha berkolaborasi mengatasi masalah sampah.

____________________________________

Langkah-Langkah Pembuatan Pot dari Handuk

 1. Membuat Adonan Semen

Gunakanlah sarung tangan karet ketika mulai membuat adonan semen. Masukkan 2 cangkir semen ke dalam wadah, lalu, campur dengan 1 cangkir air. Takaran ini bisa diubah sesuai kebutuhan, asalkan tetap dalam perbandingan 2:1. Kemudian, tambahkan sedikit pasir kasar, lalu aduk hingga rata. Adonan yang bagus adalah tidak terlalu encer maupun tidak terlalu padat.

  1. Masukkan Handuk ke Adonan

Sebelum memasukkan handuk/kain ke dalam adonan semen, basahi terlebih dahulu handuk/kain tersebut dengan air. Hal ini dimaksudkan agar adonan semen nantinya benar-benar meresap. Kemudian, lubangi handuk/kain di bagian yang nantinya menjadi jalan pembuangan air pada pot. Celupkan handuk ke dalam adonan semen sampai seluruh permukaannya tertutup sempurna.

____________________________________

Mau praktik membuat pot handuk? Juga pelatihan 3R lainnya? Klik di sini.

____________________________________

  1. Bentuklah Handuk Sesuai Selera

Angkat handuk yang sudah tercampur semen dari adonan. Jangan peras adonan semen yang ada dalam handuk. Letakkan handuk/kain yang sudah tercampur adonan semen di atas pot atau ember terbalik. Atur bentuk atau desain pot yang Sedulur Bank Sampah inginkan.

  1. Tunggu Kering

Handuk/kain tersebut akan mengering selama satu malam. Jika satu malam belum kering, tambah waktu pengeringan. Tunggu handuk benar-benar kering.

____________________________________

Laju Daur Ulang, seperti pembuatan pot dari handuk bekas ini harus didorong. Seperti yang dibahas dalam Upcycling Forum belum lama ini. Lihat di sini.

____________________________________

  1. Percantik Pot Handuk Bekasmu

Setelah kering, lepaskan handuk bersemen tersebut dari pot. Jadilah pot semen dari handuk/kain kita. Jika ingin lebih cantik, pot handuk ini bisa di-cat. Gunakan warna cat sesuai selera. Buatlah secantik mungkin. Bisa satu warna maupun dibuat pola seperti polkadot, dalmatian, doreng zebra atau digambari bunga-bunga.

Membuat pot bunga dari handuk, kain bekas atau gombal ini ternyata sangat mudah kan?

Jika sudah jadi, foto dan upload pot handuk itu di media sosial Sedulur Bank Sampah agar bisa menginspirasi yang lainnya. Atau kirim ke banksampahjogja.com melalui email [email protected] Bisa kita tayangkan di web tercinta Sedulur Bank Sampah ini atau di IG @banksampahjogjadotcom 

____________________________________

Daripada jadi sarang kodok merah, olah gombal jadi pot yang indah. Tentang kodok merah, satwa yang dilindungi, bisa kenalan DI SINI. 

____________________________________

Pot handuk bekas ini tidak mudah pecah dan punya daya tarik sendiri. Harga jual pot handuk bekas ini, kalau mau dijual, ada di kisaran Rp15 ribu – Rp 55 ribu per buah sesuai ukurannya.

Oh iya, jika ingin belajar bersama, bisa juga menghubungi Paguyuban Bank Sampah DIY. (*)

Share

4 Pings & Trackbacks

  1. Pingback: Bank Indonesia Gandeng Paguyuban Bank Sampah Gelar Lomba Daur Ulang – Bank Sampah Jogja

  2. Pingback: Mau Ikut Bikin Wayang dari Botol Plastik? – Bank Sampah Jogja

  3. Pingback: 12 Langkah Mudah Membuat Wayang Kristal – Bank Sampah Jogja

  4. Pingback: Memancing Lalat Hitam dengan Ember Tumpuk – Bank Sampah Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *