Tak Ada Botol Plastik Minuman untuk Tamu di Hotel Ini

“Maaf, kami tidak memakai botol plastik minuman di kamar,” kata Mbak Sitti, petugas resepsionis yang menerima check in. “Silakan bapak nanti mengambil sendiri di tempat yang kami sediakan di lorong,” lanjut perempuan yang rambutnya dicat putih tersebut.

Saya pun berseloroh menanggapi pernyataan tersebut. “Wah, Mbak, tidak perlu minta maaf untuk itu hehehe…. Saya nanti ambil sendiri. Kebetulan saya bawa tumbler juga. Dan sudah kosong….”

BACA JUGA : Semua harus belajar dari BALI.

Tapi, sebentar, jangan-jangan karena tamunya saya, Mbaknya bilang begitu? Dia melihat saya membawa tumbler kosong. Nanti akan saya verifikasi informasi ini…

Ya, sore itu, Senin (14/9), saya transit menuju Ende dari perjalanan Jogja-Surabaya-Kupang. Selasa (15/9) pagi terbang lagi ke Ende. Maka, saya mencari hotel yang dekat bandara Eltari Kupang.Dan ketemulah hotel ini. Neo Aston Hotel.

“Kami mengganti botol plastik air mineral di kamar Anda dengan kendi gelas air untuk mengurangi jumlah limbah plastik. Air minum GRATIS tersedia dari dispenser air yang tersedia di setiap lorong.”

Sebenarnya, sejak di Jogja mau booking lewat aplikasi. Tapi, tidak jadi. Go show saja, pasti dapat kamar karena situasi lagi sepi. Dan benar saja, begitu keluar bandara, saya pesan taksi untuk menuju hotel ini. Oleh petugas di loket pemesanan taksi, saya diberi tiket yang ditambahi nominal Rp 70.000.

BACA JUGA : Mahasiswi Yunani Bikin Wayang Kristal Keren Sekali

Meluncur sebentar, sampailah di hotel ini. Dan ternyata, hotel deket Bandara El Tari ini memang keren! Tidak menggunakan AMDK (air minum dalam kemasan) botol plastik untuk servis tamu. Sebagaimana sambutan yang saya terima seperti di awal tulisan ini.

Pemberitahuan tak ada botol plastik air mineral untuk tamu yang menginap di hotel.

Di dalam kamar, di atas meja, ada tulisan yang menginformasikan hal tersebut. Dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia. “Kami mengganti botol plastik air mineral di kamar Anda dengan kendi gelas air untuk mengurangi jumlah limbah plastik. Air minum GRATIS tersedia dari dispenser air yang tersedia di setiap lorong.”
.
Tulisan diletakkan di dekat tempat kendi kaca.
.
Tidak hanya itu. Upaya pengurangan timbulan sampah plastik sekali pakai juga terlihat dalam penyajian menu makanannya. Seperti menu Ayam Bakar Liliba yang saya pesan ini. Tidak ada plastik sekali pakai juga kan? Menu yang lain seperti mie kocok, siomay kangen, rujak serut juga minim plastik sekali pakai. Sambel disajikan dengan tempat porselin. Bukan sambel sachet. Sambel irisan cabe dituangi kecap.
.
Kok pas bener, transit untuk menuju Ende, dapat hotel ini. Rekomendedlah. Apalagi dengan gaya hidup mengurangi timbulan sampah.

BACA JUGA : Generasi Muda Miliki Peran Strategis dalam Kelola Sampah

Oh iya, selain itu, ada layanan ke Bandara tiap satu jam sekali. Complimentary alias gratis. Sayangnya, gerai Hotel Neo di Bandara, saat saya datang tidak ada petugasnya. Barangkali juga ada layanan jemputan kalau situasi normal.
.
Mulai kapan kebijakan kurangi limbah plastik ini dijalankan? Saya tanyakan ke pengantar makanan di kamar. “Sudah mulai sejak tahun ini kok Pak. Itu di sana tempat airnya. Saya bantu memgambilkan,” kata petugas room service yang mengenakan face shield itu.

Menu Ayam Bakar Liliba yang disajikan tanpa kemasan plastik.

.
Saya gak sempat mencegah kebaikan itu. Dia ambil “kendi” tempat air di kamar dan membawanya ke pengisian. Lalu kembali lagi mengantarkan air putih ke kamar. Kalau begitu benar, Ini kebijakan resmi manajemen hotel yang berada di jaringan Aston ini.

Bayangkan, berapa ratus atau ribu botol plastik dicegah “hadir” dengan kebijakan ini. Bisa dihitung dari jumlah kamar beserta tamu yang menginap di hotel bintang tiga ini. Bayangkan pula kalau ini juga dilakukan oleh hotel-hotel lain di jaringan Neo Aston, atau di hotel lain.

Sungguh kebijakan yang ramah lingkungan. Sebagaimana tulisan lain yang ada di kamar ini: Mari kita bangun dunia menjadi lebih baik. Bersama kita bisa…

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *